Jumat, 24 Februari 2012

PENTINGNYA MENUNTUT ILMU DI MADRASAH

PENTINGNYA MENUNTUT ILMU DI MADRASAH

PENTINGNYA MENUNTUT ILMU DI MADRASAH
Assalamualaikum wr.wr
Alhamdulillah alhamdulillahi robbil alamin wassholatu wasyalamu alal asrofil ambiai warmursalin wa ala alihi wa ashhabiil azmainPuji syukur kita panjatkan atas kehadiran Allah Swt dimana kita di beri nafas kehidupan sehingga kita masih dapat beraktifitas seperti biasanya ,dan selanjutnya syalawat beriring salam kita panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar kita Nabi Muhammmad saw yang dimana beliau telah membawa kita dari zaman jahiliyah yang di penuhi oleh kegelapan ke jaman yang terang benderang seperti pada saat ini yang di penuhi oleh Islam dan Iman
Adapun tujuan saya untuk berdiri diatas ini adalah untuk menyampaikan sebuah pidato saya yang berjudul “PENTINGNYA MENUNTUT ILMU DI MADRASAH “dan saya berharap kita dapat mengambil hikmahnya nanti
Hadirin yang di rahmati Allah Swt.mari kita melihat sejenak bagaimana kondisi di Negara kita ini.kita sudah mengetahui bahwa kualitas dari masyarakat kita ini masih minim,kejahatan dimana – mana yang merambak hampir di semua negeri ini.moral dan etika seakan tidak berharga lagi,malah harta dan kedudukan yang paling berarti.dimana letak kesalahan itu…? Menjadi sebuah pertanyaan yang sangat mendasar sekali
Sekarang kita ketahui bahwa zaman sudah berubah, keadaan sudah hampir sulit di kendalikan,semakin banyak tenggelam di makan kebodohan.disinalah pendidikan sangat di butuhkan untuk memberikan satu arahan kepada kita bahwa hidup itu merupakan perjuangan.tapi kita lihat remaja –remaja sekarang semakin larut tak terkendalikan,berfoya – foya tanpa ada larangan menjadikan hidup bagaikan hayalan.seharusnya mereka menjadi harapan bangsa nantinya yang akan memajukan bangsa ini dan mempertahankan agama nya .
Maka untuk itu perlu dari kita semua adanya kesadaran di dalam diri kita bahwa menuntut ilmu itulah pekerjaan yang harus kita lakukan selama hidup di dunia ini.disini Madrasah berperan penting dalam meningkatkan pola piker remaja\pelajar\ siapapun yang ingin belajar.kita umat muslim seharusnya menjaga diri dengan ilmu Agama kita,mencari nafkah sesuai dengan tuntunan agama,melakukan segala sesuatu tindakan itu berdasarkan Agama.dimana hal itu akan kita pelajari? Yakni kita dapat belajar di Madrasah
Kenapa harus di madrasah ? karena di madrasahlah di tumbuhkan bibit cinta kepada agama,sayang kepada agama,senang dengan pesaudaraan, dan takut dengan kesengsaraan.madrasah tidak pernah mau ketinggalan dengan zaman,bahkan madrasah sudah lebih jauh tingkatannya dari globalisa yang kita juga susah membayangkannya yakni hari pembalasan.
Betapa hebat madrasah itu,dia sudah mengajarkan,memulai,memberikan arahan bahwa kita ini hanya hidup sebentar saja,maka perlu bekal iman dan amal kebaikan.madrasah juga menanamkan sifat persaudaraan yang kuat untuk mencegah terjadinya perpecahan antar kita umat beragama.apalagi kita ketahui di zaman globalisasi seperti sekarang kita sudah banyak mengetahui,menyaksikan,melihat banyaknya pengaruhlain yang datang yang bisa saja kapan pun dimana pun bias merobohkan kita kecuali orang-orang yang kuat imannya.
Menuntut ilmu adalah pekerjaan yang sangat diutamakan oleh Allah, hingga dijadikan satu kewajiban khusus bagi setiap muslim. Oleh karena itu, Allah menyediakan tempat yang istimewa bagi mereka yang berilmu, terlebih lagi yang disertai keimanan kepada Allah. Derajat mereka akan dinaikkan beberapa kali derajat orang-orang yang tidak memiliki ilmu.
Firman Allah dalam surat al-Mujadalah ayat 11 :

... يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ (المجادلة : 11)
Artinya : "… Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. al-Mujadalah : 11)
Maka orang yang menuntut ilmu di madrasah secara tidak langsung sudah dekat dengan Allah swt.

Orang-orang yang tidak memiliki ilmu akan mendapatkan kerugian di dunia dan di akhirat. Mereka hanya akan mendapatkan buih, terbawa arus kesana kemari dan tidak pernah dipandang oleh orang lain. Di akhirat pun timbangan amal orang-orang yang tidak berilmu akan sangat ringan tentu saja. Tentu saja, timbangan yang ringan sulit menyelamatkannya dari api neraka. Allah berfirman tentang salah satu resiko orang yang tidak berilmu, tetapi orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya. Tanpa ilmu, maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah ? tiadalah bagi mereka seorang penolong pun (Q.S ar-Rum (30) : 29
بَلِ اتَّبَعَ الَّذِينَ ظَلَمُوا أَهْوَاءَهُمْ بِغَيْرِ عِلْمٍ فَمَنْ يَهْدِي مَنْ أَضَلَّ اللَّهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ (الروم : 29)
Artinya : "Tetapi orang-orang yang zalim, mengikuti hawa nafsunya tanpa ilmu pengetahuan; maka siapakah yang akan menunjuki orang yang telah disesatkan Allah? Dan tiadalah bagi mereka seorang penolongpun."(Q.S ar-Rum : 29)

Pendidikan agama Islam merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan dari sistem pendidikan Islam yang berfungsi sangat strategis untuk mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam berbagai disiplin ilmu yang dipelajari oleh subjek didik. Selanjutnya tujuan pendidikan agama Islam berintikan tiga aspek yaitu iman, ilmu, dan amal. Setiap muslim wajib mengimani, meyakini kesempurnaan dan kemutlakan kebenaran Islam sebagai suatu sistem hidup satu kebulatan ajaran yang universal dan eternal. Konsekuensinya setiap muslim harus mengikuti Islam, oleh karena itu aspek ilmu yang dimaksud sebagai tujuan pendidikan agama Islam ialah memberikan pengertian pemahaman yang sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya tentang Islam yang tersimpul dalam agama Islam yang secara garis besar meliputi akidah, syari'ah, akhlakul Islam. Hanya dengan iman dan ilmu tentang agama Islam belum bermakna kecuali dengan amal.
Bahwasanya ilmu yang bermanfaat seperti yang sudah dipaparkan di atas adalah ilmu yang berfaedah baik di dunia maupun di akhirat, dan ilmu wajib dicari dan kewajiban pencari ilmu / anak didik / siswa wajib mengamalkan ilmu yang telah dia dapatkan dari bangku sekolahan, karena ilmu bisa dikatakan bermanfaat jika penuntutnya mau mengamalkan ilmu yang telah ia dapatkan.
Maka sudah jelas bahwa madrasah merupakan sekolah yang paling lengkap dengan melingkupi semua bidang. Maka kita umat muslimlah yang harus mempertahankan agama kita.kita tidak di suruh lagi berjuang tetapi kita di suruh mempertahankan agama kita dari gangguan dan pengaruh hal-hal yang tidak di inginkan
Dan satu hal lagi bahwa madrasah juga banyak menciptakan siswa siswa yang berprestasi sehingga madrasah tidak akan bias dikalahkan oleh sekolah umum
Hadirin yang di rahmati Allah swt.ini kembali ke diri kita sendiri kita yang mengambangkan agama islam dan kita juga Bisa menerpurukkan agama islam itu.
Demikian lah pidato saya .apabila saya ada kesalahan di dalam penyampaian atau ada kata-kata saya yang tidak baik di dengar oleh hadirin saya mohon maaf dengan sebesar – besarnya dan saya mohon ampun kepada Allah swt.
Demikian dan saya sudahi dengan wabillahi taufik walhidayat wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar